Minggu, 04 November 2018

Cara Install ProxMox Virtual Environment

Hallo gaes,

waduh, pas keinget blog dan w buka-buka udah bulukan euy wkwkwk...
Biar gak bulukan w bersihin lagi nih wkwkw..
Ok langsung aja ke materi yah, ngapa jadi curhat :D

Kali ini kita coba buat belajar install Linux ProxMox VE (Virtual Environment), yah buat kalian yg biasa main sama virtual machine seperti virtualbox, vmware atau yg lainnya mah pasti udah gak asing yah.
Cuma disini agak beda, kalo yg biasanya main desktop base sekarang kalo proxmox bentuknya web interface jadi yah gitu lah, tapi w gak bahas cara pakenya cuma bahas cara installnya aja kek judulnya wokeh? wkwkw..
Langsung yah

Pertama kita download dulu file .iso dari proxmox, sengaja gak gua cantumin link biar nyari sendiri. Setelah itu bisa kalian burn di cd atau di buat bootable di fd, berhubung w installnya di virtualbox jadi ya gak usah di bootable yah.
Ok, selanjutnya silahkan booting proxmoxnya.
Pilih Install Proxmox VE dan tekan enter
Kalo ada peringatan kek gitu klik ok aja

Klik Agree dan enter untuk lanjut ke step berikutnya
Setelah itu klik next, karena proxmox akan secara otomatis mendetect dan mempartisikan secara otomatis sesuai dengan kapasitas hardisk
 Selanjutnya kita setting zona waktu dan lokasi sesuai dengan lokasi kita berada
Pada tahap ini kita di minta untuk memasukan password root dari proxmox dan alamat email yg valid, karena proxmox akan mengirimkan pesan-pesan penting melalui elamat email yg kalian masukin
Pada tahap ini kita masukan hostname, ip, subnet dan gateway serta dnsnya, di isikan sesuai dengan kehendak kalian
 Pada tahap ini lumayan memakan banyak waktu, disini semua paket di install termasuk file system atau bisa di bilang inilah proses instalasinya (penulisan dari iso ke hdd kita)
Yap, kalo dah kelar bakal tampil kek gambar, Installation Successful maka artinya proses installasi sudah selesai dan berhasil di install, selanjutnya bisa kalian reboot
Yap, untuk tampilanya berbentuk cli, untuk menggunakanya kita bisa remot alamat ip dan port dari proxmox melalui browser (ip dan port tertera lihat gambar) 
Untuk pertama kali di akses memang firefox menganggap bahwa koneksi ini tidak aman, tapi kita abaikan aja, la wong proxmox punya kita kok di anggap gak aman wkwkw. Kita bypass aja
 Klik Advanced dan muncul pop up lalu klik aja Confirm Security Exception  maka koneksi akan kembali normal
 Kalo berhasil maka proxmox akan meminta user dan password masukan usernya sebagai root dan passwordnya sesuai konfigurasi kalian.

Yap udah tinggal di pake, silahkan kalian bisa ngulik sendiri aja
Ok sekian dari w, semoga bermanfaat 
bye bye
Share this article on :

0 komentar:

Posting Komentar